1) Pendekatan kerja profesional
Menerapkan ISO 17025 akan memungkinkan tatanan hierarkis dan tanggung jawab pekerjaan yang jelas untuk semua karyawan. Prosedur dan kebijakan yang ditetapkan laboratorium akan menentukan tindakan mana yang diperlukan dari personel. Mereka akan mengikuti prosedur, kebijakan, dan aturan kerja yang ditetapkan, dan akan memenuhi harapan perusahaan. Akibatnya, manajemen internal perusahaan akan menjadi lebih mudah dicapai dan akan meningkatkan peluang untuk pengurangan kesalahan secara sistematis melalui manajemen risiko. Karyawan laboratorium juga akan melakukan pekerjaan mereka dengan lebih bertanggung jawab, membuka jalan menuju pengembangan pribadi yang sukses. Upaya-upaya untuk mempromosikan pendekatan profesional ini akan secara signifikan meningkatkan peluang perusahaan menjadi lebih kompetitif dan mempromosikan layanan mereka sebagai sah dan dapat diandalkan.

2) Hubungan 'laboratorium - pelanggan' yang andal
Laboratorium ISO 17025 akan membantu pelanggan dengan memperhatikan setiap pertanyaan yang terkait dengan proses pengujian dan harapan mereka akan hasilnya. Manajemen laboratorium harus yakin bahwa hubungan pelanggan dikelola dan bahwa ada ruang untuk membangun kepercayaan melalui umpan balik pelanggan. Klien memiliki hubungan bisnis tepercaya ketika laboratorium berkomitmen untuk kerahasiaan dan tidak berbagi informasi tentang hasil dengan publik, kecuali ketika ada perjanjian dari pelanggan untuk laboratorium untuk melakukannya. Selain itu, ada opsi bagi pelanggan untuk mengungkapkan kekhawatiran tentang pekerjaan laboratorium. Tentu saja, laboratorium akan mengonfirmasi bahwa ia telah menerima masalah tersebut, akan menyelidikinya dan akan memberi tahu pelanggan mengenai kemajuan dan keputusan akhir.

3) Demonstrasi kompetensi
Penilaian kompetensi memastikan bahwa hanya staf terlatih, terampil dan berwenang yang dapat melakukan tugas-tugas laboratorium. Untuk menunjukkan kompetensinya, laboratorium harus berhasil melaksanakan prosedur uji teknis. Personel harus membuktikan bahwa mereka tahu cara mengikuti prosedur dan menangani masalah yang mungkin timbul selama kegiatan. Demonstrasi kompetensi memberikan jaminan bahwa tes laboratorium akan valid. Jika semua proses di dalam laboratorium dikelola dan divalidasi maka reputasi laboratorium akan berkelanjutan.

Enam manfaat utama penerapan ISO 17025

4) Proses manajemen yang berulang
Standar ISO 17025 memberikan opsi untuk manajemen iteratif proses di laboratorium. Proses ini adalah peningkatan berkendara yang berulang dan mengurangi kompleksitas. Manajemen kualitas dari proses dapat digunakan sebagai metode untuk perbaikan dalam pekerjaan laboratorium, sikap kerja karyawan dan peningkatan keterampilan mereka. Ini juga mempromosikan relevansi laporan akhir dan deteksi / penghindaran perhitungan atau kesalahan sistem.

Six key benefits of ISO 17025 implementation

 

5) Keabsahan laporan akhir
Laboratorium terakreditasi mengirimkan laporan akhir kepada pelanggan, di mana hasilnya digunakan sebagai dasar untuk keputusan, atau untuk memverifikasi kesesuaian dengan spesifikasi. Karena ada variasi alami dalam hasil karena sifat pengujian, kontrol diterapkan untuk mengurangi kisaran variasi ini di laboratorium ISO 17025. Evaluasi ketidakpastian pengukuran ini dilakukan untuk mendukung validitas asersi. Laporan akhir harus memberikan informasi yang diperlukan dan akurat, menunjukkan bahwa laboratorium memiliki reputasi yang telah terbukti.

6) Kesesuaian dengan tren pengujian
Laboratorium ISO 17025 terakreditasi mengikuti perubahan pada ISO 17025 dan, jika perlu, perbaikan dimulai, dan tindakan korektif diambil. Personil laboratorium yang terampil dapat mempromosikan metode pengujian baru atau meningkatkan yang sudah ada. Dengan cara ini, laboratorium dapat meningkatkan atau memperkenalkan layanan baru melalui pendekatan terencana yang melibatkan personel yang bekerja dalam membangun keahlian laboratorium.

Pelajari lebih lanjut tentang pengukuran laboratorium dalam ISO 17025 dalam artikel Apa yang dibutuhkan ISO 17025: 2017 untuk peralatan pengukuran laboratorium dan prosedur terkait?

Mengapa ISO 17025?
Standar internasional ISO 17025 untuk laboratorium dapat diadopsi oleh semua laboratorium yang melakukan pengujian, kalibrasi atau pengambilan sampel. Jika laboratorium telah memutuskan bahwa mereka ingin menawarkan layanan pengujian yang kompeten dan profesional, akreditasi adalah jaminan kuat bagi pelanggan bahwa ia menawarkan layanan yang relevan dan menciptakan ikatan kepercayaan mengenai layanan tersebut. ISO 17025 memberi laboratorium kesempatan untuk terus mempertahankan proses pengujian yang kompleks dan untuk mencapai tingkat kualitas yang lebih tinggi dalam sistem manajemen mereka.